Esports Injuries: The Most Common Problems

wrist pain

Kehidupan profesional esports mungkin tampak glamor dan tanpa beban. Tetapi untuk semua kemewahan, ketenaran, dan pesta, ada sisi gelap yang sering diabaikan. Sama seperti olahraga apa pun, risiko cedera selalu ada, dan atlet esports dapat menderita berbagai penyakit sebagai akibat dari latihan intensif mereka dan sifat khas olahraga mereka, beberapa di antaranya dapat menjadi akhir karier.

Cedera olahraga paling umum

Karena sifat permainan video yang tidak banyak bergerak, banyak orang akan merasa sulit untuk menerima bahwa cedera pemain adalah hal biasa dan bahkan dapat menyebabkan akhir karier mereka. Namun, tidak seperti atlet tradisional, tidak ada sistem pendukung untuk membantu pemain menghindari, mengobati, dan merawat cedera. Penelitian telah menunjukkan bahwa kelelahan mata adalah masalah paling umum bagi pemain esports, terutama bagi mereka yang bermain game yang sangat kompetitif seperti LoL dan CSGO, diikuti oleh nyeri leher dan punggung, kemudian nyeri yang terkait dengan tangan dan pergelangan tangan.

Kelelahan Mata

Sulit untuk tidak mengalami ketegangan mata saat Anda menghabiskan sepanjang hari menatap layar komputer. Cahaya biru yang dipancarkan oleh sebagian besar monitor dapat menyebabkan iritasi mata, yang terutama menjadi masalah bagi pemain esports, yang menghabiskan sebagian besar waktunya, biasanya 8-10 jam, melakukan hal itu. Dan, mengingat tingkat perhatian dan waktu reaksi yang diperlukan, penglihatan mereka mungkin terganggu sebagai akibatnya.

Sakit Punggung dan Leher

Sakit punggung dan leher tidak diragukan lagi adalah dua penyakit paling umum yang dialami oleh para gamer yang duduk di posisi yang sama untuk waktu yang lama. Hal ini biasanya disebabkan oleh kursi gaming yang tidak tepat dan postur tubuh yang buruk. Dalam ketegangan esports kompetitif papan atas, wajar bagi pemain untuk membungkuk atau bergerak lebih dekat ke layar, yang keduanya dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang.

Sakit tangan

Cedera regangan berulang (RSI) sering terjadi di banyak olahraga. Mereka disebabkan ketika Anda harus menggunakan sekelompok kecil otot yang sama dengan cara yang sama berulang-ulang. Pemain esports sangat rentan terhadap masalah tangan dan pergelangan tangan. Tidak peduli seberapa ergonomis mouse dan keyboard mereka, tubuh tidak cocok untuk melakukan tugas yang sama persis menggunakan kumpulan otot yang sama ribuan kali sehari. RSI adalah masalah umum bagi pemain esports, dan masalah jangka panjang seperti radang sendi juga dapat terjadi.

Sakit Pergelangan Tangan

Carpal tunnel syndrome adalah penyakit pergelangan tangan yang paling umum. Cedera ini terjadi ketika terowongan karpal menjadi terlalu sempit dan struktur di dalamnya kehabisan ruang. Saraf lengan tengah dan pembuluh darah kecil yang memasok terowongan karpal menjadi lebih tegang sebagai akibatnya. Akibatnya, saraf tidak lagi menerima oksigen atau nutrisi yang cukup. Fungsinya terhambat, dan masalah jangka panjang mungkin muncul, termasuk mati rasa pada lengan dan hilangnya keterampilan motorik halus, yang keduanya dapat mengakhiri karier.
nyeri pergelangan tangan

Pencegahan cedera olahraga

Untuk menghindari atau membatasi bahaya dari jenis cedera ini, penting bagi pemain esports, terutama mereka yang tidak bergabung dengan tim besar sehingga tidak memiliki akses ke sumber daya atau dukungan yang dapat digunakan oleh beberapa pemain top, untuk melakukan tindakan pencegahan.

Salah satu pilihan untuk mengurangi ketegangan mata adalah dengan mempertimbangkan peralatan yang Anda gunakan. Beberapa monitor kini hadir dengan teknologi yang mengurangi cahaya biru dan disesuaikan untuk melindungi mata Anda. Anda juga harus mempertimbangkan peralatan perawatan mata yang melindungi Anda dari cahaya biru dan layar berkedip.

Sakit punggung dan leher dapat dikurangi dengan memastikan bahwa Anda menggunakan kursi gaming berkualitas tinggi yang memberikan dukungan lumbar yang tepat. Anda juga dapat memanfaatkan kasur khusus. Kasur dengan penyangga yang efektif dapat memberikan kesempatan bagi otot punggung dan leher Anda untuk sepenuhnya rileks dan pulih.

Dalam hal pencegahan cedera tangan dan pergelangan tangan, ada banyak langkah yang dapat Anda ambil, termasuk latihan peregangan khusus dengan lengan Anda dan menggunakan karet gelang di sekitar tangan Anda untuk memperkuat otot-otot tangan Anda. Peregangan umum dan mempertahankan tingkat kebugaran yang baik secara keseluruhan juga dapat membantu membatasi risiko cedera serius dan memastikan bahwa karir game esports Anda belum berakhir sebelum dimulai.

Author: Gerald Griffin